Resume Persekutuan Rabu bulan Februari 2014

Tema yang diangkat dalam Persekutuan Rabu (PR)di bulan Februari ialah Kasih dengan ayat tema yang diambil dari  Matius 22: 37-39. Bulan februari menjadi bulan yang berbeda bagi sebagian orang, bulan ini dianggap sebagai bulan yang spesial. Perayaan hari kasih sayang yang jatuh pada tanggal 14 Februari setiap tahunnya ini dianggap sebagai waktu yang tepat untuk berbagi kasih sayang dengan orang-orang terdekat. Beberapa tradisi yang biasa dilakukan untuk merayakan hari kasih sayang ialah dengan bertukar cokelat atau memberikan hadiah kepada pasangan. Banyak pandangan yang berbeda dalam memaknai hari kasih sayang tersebut, oleh karena itu menarik untuk mengetahui kebenaran tentang kasih. Apakah hari kasih sayang hanya berlaku bagi mereka yang berpasangan? dan lagi perlukah kita merayakan hari kasih sayang?
Kasih yang terutama adalah kasih terhadap Kristus, seperti inilah gambaran singkat firman Tuhan yang dibagikan oleh Ririn Olivia pada hari Rabu, 19 Februari 2014. Matius 22: 37, jawab Yesus kepadanya : “kasihilah Tuhan Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu. Lalu diayat berikutnya, Matius 22: 39, Dan hukum yang kedua yang sama dengan itu, ialah: kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri.
Dalam ayat tersebut Tuhan hendak menyatakan tak ada jenjang antara hukum pertama dengan hukum yang kedua.  Artinya, setiap orang yang mengasihi Tuhan Allah pasti mengasihi sesama manusia. Ciri-ciri  orang yang mengasihi Tuhan dan percaya bahwa Dia adalah Tuhan dan Juruslamat akan menunjukkan hidupnya dipenuhi dengan kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan, kelemahlembutan dan penguasaan diri (Galatia 5:22-23).
Kasih akan selalu bergerak keluar, menjadi perenungan ketika kita mengatakan kita mengasihi Tuhan namun segala sesuatu berfokus hanya pada diri kita sendiri, tidak peduli dengan orang-orang di sekitar dan hanya mementingkan kepentingan diri sendiri. Sudahkah kita mengasihi Tuhan?
Dan pada hari Rabu 26 Februari 2014 diadakan persekutuan Rabu Valentine. WL pada hari itu adalah Marissa (2012) dan Freddy (2011) dan pembicara adalah bang Winner. PR diadakan di belakang panggung Taman Hukum. PR dimulai pukul 19.00 WIB dan setelah ibadah selesai disediakan jamuan khusus dari bidang kesejahteraan anggota PMK FH UNPAD.
Tema yang diangkat sangat menarik yakni tentang pasangan hidup. Dan setelah firman, diadakan sesi tanya jawab bagi peserta yang hadir. Rangkuman firman Tuhan hari itu adalah bahwa seorang berpasangan harus dengan orang yang sepadan. Rajawali hanya akan terbang bersama rajawali, dia tidak akan pernah terbang dengan anak ayam. Anak-anak Tuhan jika hendak berpasangan harus mendoakannya lebih dulu. Menjaga kekudusan hal mutlak bagi orang-orang yang sudah berpasangan. Mereka yang menyatakan sudah siap berpasangan adalah orang yang sudah dewasa dan hidup mandiri, baik secara finansial sudah tidak bergantung pada orangtua lagi. Dan hal penting ketika sedang mendoakan seorang pasangan hidup beritahu kepada pembimbing ataupun orangtua karena mereka adalah orang-orang  yang berjaga-jaga atas hidup kita.


Kesimpulannya setiap hari adalah hari kasih sayang, kapan pun kita hendak memberi ya tinggal memberi saja, tidak perlu menunggu tanggal 14 Februari datang. Dan kasih bukan sekedar tentang seorang pria dan wanita yang saling jatuh cinta, lalu mereka memadu kasih. Lebih luas dari itu, kasih berbicara tentang Tuhan Allah dan dengan setia melakukan setiap kebenaran firmanNya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Laporan Pertanggungjawaban Acara Gathering Pengurus PMK FH Unpad Periode 2013/2014

Tetap Setia Meski Melewati Ujian

Ringkasan Khotbah November 2020