RESUME PERSEKUTUAN RABU 11 OKTOBER 2017

RESUME PERSEKUTUAN RABU (PR) PMK FH UNPAD

Tema   : Yuk, Sama Tuhan! (2 Timotius 1:12)
Oleh    : Jonathan Manurung

Kitab Timotius merupakan surat yang diberikan Paulus kepada Timotius yaitu anak yang paling dikasihiNya. Kalau kita liat sejarahnya, pada saat Paulus menulis surat untuk Timotius, saat itu kaisar yang berkuasa adalah kaisar Nero yang merupakan kaisar paling kejam dimana dalam mendapatkan tahta tersebut ibunya menghasut kaisar sebelumnya. Kaisar Nero juga membunuh ayah, adik, ibu, serta 3 istrinya dimana salah satunya sedang hamil. Ia membakar kkota Roma tetapi menuduh orang kristiani yang melakukannya. Disaat keadaan yang seperti itu pun Paulus masih bisa menyemangati anaknya.
-          Kepada siapa aku percaya; Paulus dapat berkata seperti itu karena sering mengalami perjumpaan dengan Tuhan
-          Dia berkuasa memelihara; yuk, sama Tuhan! Berbicara tentang kita berjalan bersama dengan Tuhan (Yoh 8:12) kita berjalan beriringan bukan Tuhan berada di depan kita atau di belakang (seperti perumpamaan tentang anak bungsu yang hilang)
Bagaimana proses agar kita memiliki terang ?
·         Berdoa
Cara berkominikasi dengan Tuhan yang bisa kapan dan dimana aja. Markus 1:35, kata pagi-pagi di sini berbicara tentang menomorsatukan Tuhan. Alasana berdoa adalah ucapan syukur, meminta jika memang kita berkekurangan (Matius 7:7), saling ngaku dosa dan saling mengampuni (Yak 5:15-16)
·         Baca Alkitab
Bergaul sama Tuhan itu dua arah bukan satu arah. Baca Alkitab adalah cara Tuhan berbicara sama kita. Mat 26:41, berjaga-jaga dengan cara Ef 6:27 yaitu membaca Firman Tuhan. Pengk 4:12, saling mengingatkan, karena kasih itu all about others.
·         Bersekutu
Gereja berbicara tentang persekutuan (Mat 18:19-20). Jangan menjauhkan diri dari persekutuan, seperti dibiasakan orang (Ibr 10:25). Kasih itu mementingkan orang lain di atas diri sendiri. persekutuan menjaga kita dari hal buruk (1 kor 15:33)
·         Bersaksi
Berkat Tuhan yang kita terima harus dibagi karena kesaksian ktia dapat membuat orang lain diberkati. Mat 16:15, Fil 2:4 yang difokuskan dala bersaksi adalah Tuhan.
Minta agar hati kita dipenuhi kasih agar kita juga memberi kasih kita kepada orang lain. Kenapa kita harus minta agar hati kita dipenuhi kasih? Karena lawan kita si iblis (1 Pet 5:8)


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Laporan Pertanggungjawaban Acara Gathering Pengurus PMK FH Unpad Periode 2013/2014

Tetap Setia Meski Melewati Ujian

Ringkasan Khotbah November 2020