RESUME PERSEKUTUAN RABU 4 OKTOBER 2017

RESUME PERSEKUTUAN RABU (PR) PMK FH UNPAD

Tema   : Kuasa yang Menyelamatkan (Mazmur 66:19)
Oleh    : Angga Tarigan

1.      Apa itu keselamatan ?
Keselamatan=salvation=yasa=to help= delivery. Keselamatan dalam perjanjian lama itu melalui bencana alam. Misalnya saat bencana kelaparan Tuhan menyelamatkan umat Israel melalui Yusuf. Keselamatan dalam perjanjian baru, ada dua hal. Dalam pandangan bangsa Israel, dalam hal ini Israel di jajah oleh Romawi sehinga keselamatan diartikan bahwa mereka tidak kepalaran dan tidak dijajah merupakan keselamatan. Dalam pandangan Kristus bahwa keselamatan itu adalah melalui iman, pemberian, dan kasih karunia (Ef 2:8-9) kemudian keselamatan adalah pengampunan Allah atas dosa (Ef 1:7).
2.      Kenapa kita harus diselamatkan?
Kita perlu diselamatkan karena pertama, tantangan, pergmulan hidup nyata hadir dalam kehidupan kita; kedua, pergumulan sebagai mahasiswa, anak, orang tua, ditengah organisasi; ketiga, pergumulan kadang buat kita terkung-kung bahkan tak jarang menjadi dosa; keempat, hanya kristus yang dapat memberikan kebebasan sejati dari pergumulan hidup dan juga dosa kita (Ibr 7:25).
Keselamatan yang diberikan Kristus berbicara masa lalu, kini, dan masa depan. Masa lalu, bahwa kita dipilih untuk kudus (Ef 1:4); Masa kini, bahwa kita diselamatkan dalam pengharapan kita (Rm 8:24); dan Masa depan, bahwa menjadi satu kekuatan dan hikmat Allah sebagai tempat bergantung (1Kor 1:24)
3.      Bagaimana jika kita telah diselamatkan?
Aplikasi:
-          Doa dan mengucap syukur karena kasih karunia Kristus telah menyelamatkan kita
-          Mengenal dan mengetahuio lebih dalam mengenai Kristus dan keselamatan dariNya dengan membaca Injil/Alkitab [pribadi maupun dengan komunitas (Yak 1:25)]

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Laporan Pertanggungjawaban Acara Gathering Pengurus PMK FH Unpad Periode 2013/2014

Tetap Setia Meski Melewati Ujian

Ringkasan Khotbah November 2020