RESUME PERSEKUTUAN RABU 9 MEI 2018


RESUME PERSEKUTUAN RABU (PR) PMK FH UNPAD
Trust His Heart
(Mazmur 27: 13-14)
Pembawa Firman : Teguh Widyatmoko

Worship Leader : Joy (2016)
Guitarist : Mutiara (2016)
Cajonist : Hendarto (2016)


Pada saat kita mengenal baik seseorang, kita pasti mempercayai dan nyaman dengan orang tersebut. Hal ini dibuktikan dengan sharing Pak Teguh, selaku pembawa firman mengenai istrinya yang lebih mempercayai suaminya ketimbang ojek untuk membonceng ibu tersebut melewati jalanan rumah mereka yang agak curam karena ibu tersebut telah mengenal suaminya dengan baik. Sama halnya dengan manusia, begitu pula kepada Tuhan. Kita akan mempercayai Tuhan jika kita mau mengenal baik akan hadirat-Nya. Lalu, bagaimana kalau kita sering khawatir akan masa depan maupun masalah hidup kita? Benarkah kita sudah mengenal akan Dia sepenuhnya?
Dalam Firman Tuhan Mazmur 27:13-14 menceritakan mengenai kepercayaan Raja Daud kepada hati dan rencana Tuhan akan masa depannya. Terlihat pemakaian kata “akan” yang artinya hal tersebut memang belum terjadi sama sekali (ayat 13), namun telah diimani oleh Raja Daud. Tidak sampai disitu, ia juga mengajak orang lain untuk percaya dan menanti Tuhan. (ayat 14). Padahal, ayat sebelumnya menceritakan bahwa Raja Daud beserta bala tentaranya sedang terkepung oleh para musuhnya (ayat 2-3), namun ia tetap percaya kepada-Nya sebab ia menyatakan dengan tegas bahwa Tuhan merupakan terang, keselamatan, dan terang hidupnya sehingga ia tidak akan takut maupun gemetar akan bahaya apapun (ayat 1).
Selanjutnya, pertanyaan yang terbesit di hati kita ialah bagaimana sebenarnya cara kita menikmati hadirat Tuhan?
1.      Membaca Alkitab
Firman Tuhan telah memaparkan segala nasihat dari Tuhan untuk menunjukkan bagaimana jalan hidup yang harus kita tempuh untuk menyenangkan hati-Nya. Membaca Alkitab membuat kita tidak jatuh ke dalam ketergantungan atas rasa nyaman semu (uang, kekuasaan, kekayaan, pacar, dll) akan tetapi menarik kita untuk merasakan rasa nyaman abadi, yakni berjalan berdampingan dengan Kristus di jalan-Nya.

2.      Mengenal Tuhan serta Percaya kepada-Nya
Mengenal Tuhan dengan baik sama halnya seperti sering bertemu dan bercengkrama dengan-Nya lewat doa, ucapan syukur, maupun pelbagai pelayanan kita. Layaknya Raja Daud yang walaupun dikepung oleh para musuh dari berbagai penjuru, ia tetap mempercayai masa depannya bersama Tuhan karena telah mengenal Tuhan dengan baik.

3.      Saling Menasihati dan Menolong
Saat kita mengenal Tuhan, kita pastinya lebih menebarkan kasih lewat saling menasihati dan menolong kepada sesama. Kita harus melakukannya karena telah dilukiskan dalam Firman Tuhan, antara lain : Matius 5:44,46-47; Galatia 6:10; dan Yesaya 60:11.

Dengan demikian, marilah kita mempercayakan segala aspek kehidupan kita kepada Tuhan Yesus Kristus dengan cara mengenal secara baik pribadi-Nya serta menebarkan kasih sesuai dengan karunia kita kepada sesama tanpa membeda-bedakan seorang akan yang lain.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Laporan Pertanggungjawaban Acara Gathering Pengurus PMK FH Unpad Periode 2013/2014

Tetap Setia Meski Melewati Ujian

Ringkasan Khotbah November 2020