Ringkasan Khotbah Maret 2020

RINGKASAN KHOTBAH MARET 2020

Shaloom.

Berikut adalah Ringkasan Khotbah Persekutuan Rabu di bulan Maret 2020

Kiranya dapat menjadi berkat bagi kita semua. Tuhan Yesus Memberkati.

·         04 Maret 2020

Oleh    : Pdt. Marietta Simanjuntak

Tema   : Be Useful! (Roma 15: 1-4)

Khotbah Persekutuan Rabu PMK FH UNPAD pada hari Rabu, 4 Maret 2020 yang bertempat di Gedung 3 Lt.02 FH Unpad, membahas tentang menjadi pribadi yang berguna bagi sesama sesuai makna kasih Tuhan kepada manusia. Beberapa poin yang dapat dipetik dari khotbah yang disampaikan adalah:

-          Setiap orang pasti memiliki kekuatan dan kelemahannya sendiri dan tidak ada orang di dunia ini yang memiliki kekuatan super power tanpa adanya kelemahan.

-          Kita harus sadar, bahwa kita sendirian tidak bisa melakukan segalanya apapun aktivitas itu. Kita bisa mengerjakan segala sesuatu ketika kita saling menerima untuk saling membangun dengan orang lain yang dapat membantu kita, begitu juga dengan kita yang dapat membantu mereka.

-          Kita menghargai kelemahan dalam diri orang lain berarti kita adalah orang yang mampu berdamai dengan kelemahan kita sendiri, sehingga kita dapat bekerja sama untuk saling menerima dan membantu.

-          Tuhan menerima segala kelemahan dan kekurangan kita, namun tak jarang kita tidak mau menerima Tuhan untuk menguatkan sisi lemah kita.

-          Menjadi orang yang berguna bagi sesama bukan hanya berarti saling membantu tanpa mau membantu sendiri untuk mengubah kelemahan tersebut, melainkan menjadi orang yang berguna adalah ketika kita menerima untuk bertumbuh dalam proses yang diberikan oleh Tuhan dalam menguatkan kelemahan kita. Tuhanlah yang menerima kita dan membantu kita menjadi anak-Nya yang kuat dan mampu menjadi penolong bagi sesama umat manusia.

Kesimpulan: Saling menerima dan saling membantu kelemahan-kelemahan yang ada dan ketika kita melakukannya di dalam iman yang teguh, menerima Tuhan untuk membantu kita, pada akhirnya kelemahan kita diubah oleh-Nya menjadi kekuatan yang membuat kita semakin berguna dalam iman dan pengharapan membantu sesama kita.

·   

      11 Maret 2020

Fakultas Hukum X Fakultas Kedokteran

Oleh    : -

Tema   : Serahkan Pada Tuhan (Mazmur 37:5-6,8)

Khotbah Persekutuan Rabu PMK FH UNPAD pada hari Rabu, 11 Maret 2020 bersama dengan PMK FK Unpad, membahas tentang menyerahkan seluruh hidup kita kepada Tuhan.

Poin-poin yang bisa diambil dari pembacaan Firman Tuhan yang disampaikan sebagai berikut:

-          Belajar dari kisah Daud dimana ia tidak mengandalkan kekuatan dan kekuasaannya sebagai raja saja untuk menghadapi cobaan, akan tetapi ia justru bereru dan menyerahkan segala hidupnya kepada Allah karena ia percaya dan mengkehendaki perintah-Nya yang membawakan pertolongan bagi anak-anak-Nya.

-          Bukan hanya dalam pergumulan saja kita bersandar kepada Tuhan, namun seluruh hidup kita dalam kondisi apapun, semuanya kita serahkan kepada Tuhan sebagai manusia yang percaya dan mengikuti-Nya.

-          Menyerahkan hidup kita seluruhnya kepada TUHAN berarti kita percaya dan mengandalkan TUHAN, bukan justru mengandalkan diri kita sendiri. 

-          Tuhan menopang kita dan mampu merubah kita menjadi anak yang hidup penuh kasih dan membuat kita penuh kemenangan dengan janji-janji Tuhan yang telah digenapi untuk melepaskan kita dari segala belenggu-belenggu dosa. Dengan kita menyerahkan seluruh hidup kita kepada Tuhan, maka Tuhan akan bertindak atas kita dan tidak akan ada persoalan lain yang dapat menjatuhkan kita.

Kesimpulan: Kita tidak akan mampu bertahan dalam hidup jika mengandalkan diri kita sendiri sementara iman kita mulai rapuh dan goyah. Dengan menyerahkan seluruh hidup kita dan bersandar kepada Tuhan, apapun bentuk pergumulannya, apapun rintangannya, dan apapun kondisinya kita dapat melaluinya dengan penuh sukacita. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Laporan Pertanggungjawaban Acara Gathering Pengurus PMK FH Unpad Periode 2013/2014

Tetap Setia Meski Melewati Ujian

Ringkasan Khotbah November 2020