Hasil Rapat Pleno Kabinet Peta 2016/2017

HASIL RAPAT PLENO
PERSEKUTUAN MAHASISWA KRISTEN
FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS PADJADJARAN 2016

Ketua   : Malona Elita Simaremare   110110140061
Wakil Ketua : Venny Anggraini Junita 110110140118
Sekretaris : Junjung Simbolon   110110150115
Bendahara : Ruth Taringot Riama Tampubolon 110110140141

A. BIDANG KEROHANIAN
Kepala Bidang : Sriyanti Tio Denta Situmorang 110110150317
Anggota : Salomo Christian Hutajulu   110110150177
     Gierda Naomi Shelma Silalahi 110110150246
 Sarah L 110110150165

1. Persekutuan Rabu
Persekutuan rabu adalah salah satu program kerja bidang kerohanian yang merupakan wadah bagi seluruh anggota PMK untuk bersekutu memuliakan Tuhan serta menguatkan iman para anggota melalui kegiatan-kegiatan yang dilakukan.  Persukutuan rabu ini bersifat oikumene, maksudnya ialah berusaha untuk menghadirkan satu konsep persekutuan yang mampu menjembatani semua aliran yang ada di PMK FH Unpad. Hal ini dilakukan mengingat PMK FH Unpad terdiri dari berbagai aliran yang memiliki keunikan masing-masing. Keberadaan PMK FH Unpad tidak akan membuat satu aliran lebih unggul daripada yang lain.
Waktu : Setiap hari Rabu pukul 18.00 WIB
Tempat : Taman Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran
Tujuan :
a) Menumbuhkembangkan iman mahasiswa PMK FH UNPAD;
b) Mempererat hubungan antar mahasiswa PMK FH UNPAD ;
c) Bertekun dalam pengajaran firman Tuhan; dan
d) Belajar dan berbagi firman melalui firman yang sudah kita dengar.

2. Partner In Christ (PIC)
Partner In Christ (PIC) adalah salah satu bentuk program kerja untuk menciptakan rasa nyaman kepada adik-adik PMK FH Unpad karena memiliki partner yang bisa diajak berdiskusi tentang PMK, kampus, dan sekitarnya dengan konsep berupa pendekatan oleh kakak-kakak pengurus kepada adik-adik PMK FH Unpad.
Tujuan:
a) Mempermudah jangkauan pengurus PMK terhadap adik tingkat/Mahasiswa baru;
b) Mengakrabkan Pengurus dan adik PIC;
c) Saling mendukung dan mendoakan satu dengan yang lain; dan
d) Mempermudah untuk menjalankan program PMK FH lainnya.
Kegiatan:
a) Eksposisi Alkitab adalah pengembangan pasal dalam Alkitab dengan tujuan untuk menjelaskan atau memberikan pengertian dengan gaya penulisan yang singkat, akurat, dan jelas.
Waktu: September 2016 (Minggu ke-4), November 2016 (Minggu ke-4), April
2017 (Minggu ke-4); dan
b) Jalan-Jalan PIC adalah suatu pengembangan dari program PIC yang bertujuan untuk mengakrabkan kakak PIC dan adik PIC dan pengurus PMK FH Unpad dan mahasiswa baru. Jalan-jalan PIC ini dilakukan dengan mengunjungi suatu tempat yang dapat meningkatkan rasa persaudaraan di antara kakak PIC dan adik PIC.
Waktu: September 2016 (Minggu ke-2), November (minggu ke-2), Maret (Minggu ke-2), April (Minggu ke-2).



3. Natal
Natal merupakan salah satu hari besar umat Kristiani yang dirayakan dalam rangka memperingati hari kelahiran Tuhan Yesus Kristus. Acara ini diperuntukkan untuk anggota, baik anggota biasa maupun anggota kehormatan.

B. BIDANG PENGKAJIAN KEILMUAN
Kepala Bidang : Benaya Dwi Hartono 110110150280
Anggota : Jordan Mordekhai 110110150309
     Jonathan Wijaya Manurung   110110150283
 Holy Yordhan Rajagukguk   110110150066
 Cintya Theresia A. M. Sitorus 110110150142
1. Mentoring
Mentoring merupakan kegiatan yang diperuntukkan bagi mahasiswa baru PMK FH Unpad, berupa pembagian materi ilmu hukum yang diajarkan di dalam kelas maupun yang berhubungan dengan praktik langsung di dunia nyata sebagai calon penegak hukum. Mata kuliah yang di pelajari dalam mentoring adalah Pengantar Ilmu Hukum, Pengantar Hukum Indonesia, Ilmu Negara,  dan Hukum Adat. Kegiatan ini dilakukan untuk mahasiswa baru. Waktu : Setiap hari Jumat
Tujuan :
a) Agar mahasiswa PMK lebih dulu tahu dan paham akan materi tersebut sebelum disampaikan di kelas dibandingkan mahasiswa bukan PMK;
b) Menambah wawasan mahasiswa mengenai materi kuliah yang tidak tersampaikan di perkuliahan dan mempertajam apa yang telah disampaikan di perkuliahan;
c) Memicu keaktifan mahasiswa baru serta meningkatkan kemampuan berbicaranya dalam forum yang lebih kecil dengan mengajukan pertanyaan dan mengungkapkan pendapat;
d) Mempersiapkan mahasiswa baru dalam mengikuti Ujian Tengah Semester
(UTS) dan Ujian Akhir Semester (UAS); dan
e) Menjangkau mahasiswa baru untuk aktif dan turut serta dalam kegiatan PMK FH Unpad.


2. Komdis (Kelompok Diskusi)
Kegiatan yang merupakan bagian dari Partner in Christ (PIC), merupakan sebuah kelompok diskusi yang membahas mengenai berbagai hal, dengan tema yang telah ditetapkan dalam perspektif hukum. Komdis merupakan program tambahan yang berkoordinasi langsung dengan program PIC. Kelompok diskusi ini ditujukan kepada mahasiswa baru yang beragama Kristen dengan memberdayakan setiap kakak PIC. Komdis sendiri memiliki Gasris Besar Pokok Pemebelajaran (GBPP) sebagai panduan kakak PIC dalam memberikan materi dengan tema ditentukan oleh Bidang Pengkajian Keilmuan.
Waktu   : Oktober 2016, Februari 2017, Maret 2017
Tujuan : Untuk mengasah kepekaan sosial, kemampuan analisa, serta minat peserta dalam Ilmu Hukum. Menjadi wadah bagi mahasiswa baru dalam mengasah kemampuan verbal dalam menyampaikan suatu opini, mempersiapkan mahasiswa baru untuk aktif dan berperan serta dalam kegiatan PMK FH UNPAD selanjutnya.
3. Pelatihan Sidang
Pelatihan sidang adalah kegiatan yang melatih mahasiswa mengenai cara persidangan organisasi dan juga melatih para calon pemimpin sidang saat rapat umum anggota ( RUA) agar memahami segala rangkaian acara dalam RUA PMK FH Unpad.
Waktu   : RUA akan dilaksanakan pada hari Selasa, 25 April 2017.

4. Lomba Esai Nasional
Kegiatan ini merupakan suatu acara yang dilakukan untuk mewadahi setiap mahasiswa yang memiliki minat menulis esai dan menuangkannya dalam bentuk tulisan. Penulisan esai ini akan bekerja sama dengan hukumonline.com. Ouput utama dari kegiatan ini bagi pesertanya bukan saja hadiah berupa uang melainkan lebih kepada eksistensi karya tulisnya akan selalu ada didunia dalam hal ini melalui media internet yakni Hukumonline.com yang mana situs ini sudah diakui oleh banyak orang sebagai salah satu sumber terpercaya bagi pembaca (berbeda dengan blogspot).
Lomba esai ini terbuka untuk seluruh mahasiswa yang ada di seluruh Indonesia.
  Waktu : Pendaftaran di buka mulai 1 maret 2017 sampai 31 Maret 2017
Pengiriman berkas lomba 1 Maret 2017 sampai 1 April 2017.
Penilaian 2 minggu yakni dari tanggal 2 sampai  tanggal 15 april, Pengumuman  17 april.
Tujuan :
a) Mendorong peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM)  yang kompeten dalam hal menulis Esai;
b) Memberikan wadah setiap individu  sebagai generasi penerus bangsa untuk mempersiapkan diri di kegiatan menulis; dan
c) Mewadahi peserta untuk menuangkan pemikirannya dalam bentuk tulisan dan memberikan argumen yang kritis, analitis, dan inovatif.

5. Sarkas (Sarekat Aksi Kajian Dialektis)
Sarkas merupakan sebuah wadah yang bergerak di bidang penyelidikan melalui argumentasi dan nalar berfikir dengan berdialog. Kegiatan diskusi mengenai isu-isu hukum, namun dari pelbagai perspektif yang bersifat interaktif yang diselenggarakan dalam skala internal anggota PMK FH UNPAD.
Waktu : September 2016 (Minggu ke-1), November 2016 (Minggu ke-1) Februari 2017 (Minggu ke-3)
Tujuan : Menambah wawasan anggota PMK FH UNPAD dalam menyikapi suatu isu dan/atau permasalahan-permasalahan dewasa ini, menjadi sarana bereskpresi dalam mengungkapkan opini terhadap suatu isu, serta menjadi tempat untuk mengasah kemampuan verbal anggota PMK FH Unpad dalam menyampaikan pendapatnya pada sebuah forum.
 
C. BIDANG KESEJAHTERAAN ANGGOTA
Kepala Bidang : Peggy Shella Sinuhaji 110110140078
Anggota : Maurits Barita Parlindungan   110110150154
     Sarah Debora Marito 110110150270
 Dharma Patriatama   110110150176
1. Pemberian Kenang-Kenangan Ulang Tahun
Kenang-kenangan ulang tahun adalah suatu bentuk kegiatan kesra untuk mensejahterakan anggotanya melalui pemberian hadiah ulang tahun pada anggota yang berulang tahun sebagai bentuk perhatiannya. Pemberian ini diberikan bagi yang berulang tahun sebagai wujud ucapan syukur dan memperat tali kasih antara anggota PMK FH Unpad.
Waktu : Pemberian kenang-kenangan ulang tahun diberikan langsung kepada anggota biasa yang berulang tahun pada hari anggota tersebut berulang tahun.
2. Pengadaan Konsumsi dan Alas duduk Persekutuan Rabu
Kegiatan ini adalah bentuk pelayanan berupa pendukung Persekutuan Rabu (PR) dengan memberikan kenyamanan melalui penyediaan konsumsi ringan dan alas duduk berupa tikar.
Waktu  : Setiap hari Rabu
3. Penghargaan Berprestasi
Kegiatan ini merupakan bentuk penghargaan PMK berupa pemberian pin berprestasi kepada anggota PMK FH Unpad yang membanggakan Tuhan Yesus Kristus, PMK FH Unpad, dan almamater FH Unpad sebagai delegasi perlombaan yang diikuti.
Waktu  : Setelah lomba selesai
4. Kenang-kenangan Wisuda
Kegiatan yang dilakukan sebagai wujud rasa bangga,bahagia, dan ucapan syukur PMK FH Unpad kepada anggotanya yang telah lulus S1 Fakultas Hukum, berupa pemberian piagam penghargaan dan foto bersama dengan anggota PMK FH Unpad dengan menggunakan spanduk ucapan selamat wisuda.
Waktu : Saat wisuda Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran
5. Kunjungan Sakit
Kunjungan Sakit merupakan program kerja Bidang Kesejahteraan Anggota untuk mengunjungi anggota yang sedang sakit selama lebih dari tiga hari di kediamannya atau dirawat di rumah sakit yang berdomisili atau bertempat tinggal di Bandung. Kunjungan ini terbuka untuk semua anggota PMK FH Unpad, baik pengurus maupun bukan pengurus.
Waktu : Disesuaikan.
6. Penghiburan Dukacita
Kegiatan ini merupakan bentuk nyata dari kepedulian, rasa kasih, memiliki, dan perasaan dukacita PMK FH Unpad kepada anggota PMK FH Unpad yang sedang berduka melalui penghiburan yang akan diadakan. Setiap anggota yang kehilangan orang tua ataupun orang tua yang ditinggalkan oleh anggota PMK apabila berada di Bandung maka dikunjungi secara langsung dan memberikan sumbangan dukacita dari PMK sebagai tanda dukacita. Apabila anggota PMK FH Unpad yang berduka tersebut berada di luar Bandung, maka akan diadakan ibadah penghiburan pada saat Persekutuan Rabu.
Waktu : Disesuaikan.
7.  Perjamuan Kasih
Kegiatan ini merupakan PR dengan mengadakan acara makan makanan berat anggota PMK FH Unpad sesudah atau pada saat PR dilaksanakan.
  Waktu : November 2016, April 2017
8. HKB (Hari Keluarga Besar)
Kegiatan ini merupakan bentuk sambutan dari PMK FH Unpad kepada anggota baru (angkatan 2016) untuk memperkenalkan mereka terhadap PMK FH Unpad dan menjalin kedekatan antara anggota- anggota biasa dan kehormatan. Waktu  : Oktober 2016


9. Olahraga Bareng
Kegiatan berupa pemenuhan kesehatan jasmani untuk anggota PMK FH Unpad dengan cara berolahraga bersama sekaligus sebagai cara penjangkauan dan keakraban antara anggota PMK FH Unpad.
Waktu: Satu kali setiap bulan. (disesuaikan pelaksanaannya, meliputi: Olahraga Lari,
 
D. BIDANG INFORMASI DAN KOMUNIKASI
Kepala Bidang : Sondang Desiree 110110140123
Anggota : Wenny Septyani 110110140106
     Afrianti Rebeka 110110150121
 Theresia Monika Berutu
  110110150119
1. Media Cetak
a) Buletin D’Champion
Buletin D’Champion merupakan media komunikasi yang menjadi sarana anggota PMK FH Unpad untuk mengetahui informasi-informasi terbaru dalam ruang lingkup kampus dan PMK FH Unpad yang dibagikan kepada anggota PMK
FH Unpad.  
Waktu: Empat kali dalam setahun kepengurusan, yaitu September, November, Februari, dan April.
b) Majalah Dinding
Majalah dinding merupakan media cetak PMK FH Unpad yang berada di kampus FH Unpad berupa majalah dinding yang merupakan sarana anggota untuk mengetahui isi informasi seputar kegiatan-kegiatan yang akan diadakan oleh PMK FH Unpad.
Waktu: Lima kali dalam setahun kepengurusan
2. Publikasi (Flyer dan Poster)
Flyer dan poster merupakan sarana publikasi, sosialisasi, dan komunikasi tentang kegiatan PMK FH Unpad bagi pengurus dan panitia untuk seluruh anggota PMK FH Unpad.
  Waktu: Selama masa kepengurusan PMK FH Unpad 2016-2017
3. Media Elektronik
a) SMS (Phony)
SMS merupakan media sosial yang menjadi sarana komunikasi antara pengurus dengan anggota secara keseluruhan (alumni dan anggota biasa/aktif) yang berfungsi membangun hubungan dan komunikasi dengan memberikan ucapan Happy Sunday, memberikan publikasi kegiatan, mengucapkan turut berdukacita, memberikan ucapan selamat ulangtahun, dan menjawab setiap pertanyaan tentang PMK FH Unpad.
                Waktu: Selama masa kepengurusan PMK FH Unpad 2016-2017
b) Twitter
Twitter merupakan media sosial yang menjadi sarana komunikasi dengan seluruh anggota PMK FH Unpad dengan update setiap harinya yang berisikan sapaan kepada seluruh anggota dan memberikan informasi untuk seluruh anggota PMK FH Unpad.
Waktu: Selama masa kepengurusan PMK FH Unpad 2016-2017
c) Facebook
Facebook merupakan media sosial yang menjadi sarana komunikasi dengan seluruh anggota PMK FH Unpad untuk membangun hubungan dengan mengucapkan selamat ulang tahun, membagikan ayat atau mengucapkan Happy Sunday, mempublikasikan kegiatan, membagikan foto hasil dokumentasi kegiatan, dan membagikan informasi lainnya baik secara langsung maupun melalui link dari blog PMK FH Unpad.
Waktu: Selama kepengurusan PMK FH Unpad 2016-2017
d) Blog
Blog merupakan media sosial sebagai sarana informasi dan komunikasi dengan mengunduh D’champion online, publikasi kegiatan, liputan kegiatan dan laporan keuangan setiap bulannya.
Waktu: Selama masa kepengurusan PMK FH Unpad 2016-2017
e) Email
Email merupakan media komunikasi sebagai sarana berkomunikasi dan menyampaikan infomasi secara elektronik dengan membentuk mailing list (mailist) alumni serta anggota biasa setiap angkatannya.
Waktu: Selama masa kepengurusan PMK FH Unpad 2016-2017

f) Instagram
Instagram merupakan sarana informasi dan komunikasi dengan meng-upload foto-foto seputar gambaran besar kegiatan yang sedang atau akan dilaksanakan oleh PMK FH Unpad.
Waktu: Pada saat kegiatan sedang dilaksanakan atau yang akan dilaksanakan oleh PMK FH Unpad.
g) Official Line

E. BENDAHARA
Bendahara : Ruth Taringot Riama Tampubolon   110110140141

Dana Usaha Mandiri


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Laporan Pertanggungjawaban Acara Gathering Pengurus PMK FH Unpad Periode 2013/2014

Tetap Setia Meski Melewati Ujian

Ringkasan Khotbah November 2020