Ringkasan Khotbah November 2020

 

RINGKASAN KHOTBAH NOVEMBER 2020

Shaloom.

Berikut adalah Ringkasan Khotbah Persekutuan Rabu di bulan November 2020

Kiranya dapat menjadi berkat bagi kita semua. Tuhan Yesus Memberkati.

·         11 November 2020

Oleh    : Elisabeth Simanjuntak

Tema   : It’s Okay Not To Be Okay (Mazmur 23:2-4)

Khotbah Persekutuan Rabu PMK FH UNPAD pada hari Rabu, 11 November 2020, membahas tentang pergumulan yang hidup harus dirasakan namun Tuhan akan menuntun kita dan menguatkan iman kita.

Poin-poin yang dapat diambil ialah:

-          Manusia akan selalu merasakan guncangan dalam hidup akibat beban yang menghantam diri. Seringkali manusia justru bersandar kepada diri sendiri dan bukannya semakin mampu, namun justru semakin goyah dan mulai kehilangan arah.

-          Kita tanpa sadar memaksakan diri  kita untuk tetap maju, padahal kita sendiri sudah merasa lelah dan tidak sanggup lagi untuk berjalan dan itu semua justru tidak membuat kita mencapai berkat namun justru tertinggal jauh dari keselamatan yang dijanjikan Tuhan.

-          Kita seharusnya tahu bahwa kita tidak bisa mengandalkan kekuatan kita sendiri. Jika kita tidak menempatkan Tuhan dalam setiap kondisi kita, kita hanyalah seperti anak domba yang telah kehilangan arah dan tidak tahu arah untuk pulang.

-          Bersandarlah kepada Tuhan, seberat apapun bebanmu. Sekalipun kita berada dalam jurang kelam sekalipun Tuhan mendapati kita dan Ia akan memberikan kita penuntun arah menuju keselamatn dan memberikan kita kekuatan yang besar yang dapat melalui segala pergumulan/beban kita sebesar apapun itu.

-          Kita memang merasa banyak masalah atau tekanan hidup yang menekan kita dari belakang dan disaat bersamaan tantangan yang belum jelas dihadapan kita membuat kita cemas dan sudah merasa terbebani. Janganlah berdiam saja atau jangan pula mulai berputus asa. Serahkanlah kepada Tuhan lewat doa dan iman yang percaya, Tuhan justru akan menuntun kita dan membantu kita menyelesaikan semua perkara dengan hati yang penuh sukacita, hati yang seharusnya menggambarkan kasih Tuhan,

·         25 November 2020

Oleh    : Sahat Nainggolan

Tema   : Stop Procrastinating! (Amsal 6:6-8)

Khotbah Persekutuan Rabu PMK FH UNPAD pada hari Rabu, 25 November 2020, membahas tentang kita untuk berhenti dalam menunda-nunda sesuatu.

Adapun poin-poin yang dapat diambil yaitu:

-          Sakomo, raja yang penuh hima, pergi menasihati rakyatnya dengan mengatakan belajarlah kepada semut.

-          Semut sekalipun kecil, ia mengumpulkan dan menyediakan makanannya sendiri dan tidak pernah menunda-nunda waktu untuk melakukannya. Semut mempersiapkan segala sesutau manakalah jika pada musim selanjutnya jika makanan tidak ada, mereka sudah memiliki persediaan.

-          Kita pasti pernah dan mungkin tak jarnang menunda-nunda pekerjaan kita, apapun alasannya hanya karena kita merasa tidak perlu dikerjakan secepatnya.

-          Namun kita akan merasalakn penyesalan yang terlambat datangnya, dimana kita justru mengalami kesusahaan hanya karna kita menunda-nunda pekerjaan kita dan justru membuat kita jatuh kepada kegagalan.

-          Tuhan ingin menjadikan anak-anak-Nya adalah bertekun dalam iman dan taat dalam perbuatannya. Seharusnya jika kita menganggap diri kita adalah anak Tuhan, seharusnya kita menunjukkan dengan bijaksana dalam melaksanakan perkejaan kita dengan tidak menunda-nunda. Tidak ada yang tahu masa depan/ kondisi untuk beberapa menit selanjutnya, sehingga seharusnya kita harus lebi bersyukur atas waktu yang diberikan oleh Tuhan, yakni dengan memanfaatan waktu dan kesempatan sebaik-baiknya tanpa berleha-leha atau justru melakukan perbuatan yang tidak berkenan di hadapan Allah.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Laporan Pertanggungjawaban Acara Gathering Pengurus PMK FH Unpad Periode 2013/2014

Tetap Setia Meski Melewati Ujian