RESUME PERSEKUTUAN RABU 25 OKTOBER 2017

RESUME PERSEKUTUAN RABU (PR) PMK FH UNPAD

Tema   : God is the Only One (Mazmur 16:2)
Oleh    : Pdt. Jaenus Junimen

Kitab Mazmur sebagian besar ditulis oleh Daud. Dapat kita baca dalam Mazmur cerita tentang Daud yang dikejar-kejar oleh Saul Daud meminta Tuhan untuk menjaganya dan dia mengakui bahwa tidak ada orang yang lebih baik selain Tuhan dan tidak ada orang yang lebih baik dari Tuhan. Namun pada masa Israel dahulu mereka menyembah patung anak lembu emas ini menunjukkan bahwa ada yang lebih dari Tuhan. Pada zaman adanya tabut perjanjian baal, dagon bahkan sujud menyembah tabut perjanjian, hal ini menunjukkan betapa berkuasanya Tuhan. Perlu kita ketahui bahwa tidak semua patung adalah berhala namun pada zaman perjanjian lama patung identik dengan berhala. Namun jika kita lihat patung dalam perjanjian lama juga ada yang dipakai Tuhan untuk menyembuhkan bangsa Israel seperti patung ular tembaga saat Israel dipagut ular.
Berhala Modern
1.      Duit
Ada pepatah mengatakan dimana hartamu berada disitu hatimu berada. Banyak orang yang dari miskin tiba-tiba kaya atau dari kaya tiba-tiba miskin menjadi menjauh bahkan meninggalkan Tuhan. Uang adalah hamba yang baik tapi bisa juga jadi tuan yang jahat. Kita memang perlu uang tapi bukan uang segala-galanya. Ketika kita menghambakan uang dari pada Tuhan itu berhala.
2.      Jabatan
Banyak orang berlomba-lomba untuk mendapat jabatan, sehingga tidak jarang ada yang menghalalkan segala cara untuk mendapat posisi yang baik bahkan sampai menjual Tuhannya atau meninggalkan Tuhan.
3.      Wanita/Pria
Sebagai seorang wanita sering terbuai dengan pasangan hidup sehingga memberikan segalanya bahkan tidak jarang juga meninggalkan Tuhan begitu juga seorang pria ketika sudah digoda oleh wanita.
4.      Gadget
Tugas, game, atau sosial media yang berada dalam gadget kita juga ketika kita membuat semua hal itu menjadi focus kita, itu juga bisa menjadi berhala bagi kita. Misalnya kita bermain game atau sosial media malah melupakan ibadah atau saat teduh kita itu membuat hal tersebut menjadi berhala
5.      Mall
Gaya hidup yang glamour juga dapat menjadi berhala buat kita. ketika tidak ada hal yang harus kita lakukan di Mall tapi malah kita pergi ke Mall dan justru belanja atau melakukan hal yang seharusnya tidak kita lakukan.
6.      Teman-teman atau Pertemanan
Kadang ada kalanya kita takut untuk tidak memiliki teman, atau teman kita menjauhi kita jika kita tidak melakukan apa yang teman kita katakana sehingga ketika teman kita mengajak untuk tidak gereja justru kita mengikuti apa yang teman jika minta padahal hal tersebut salah.
Apa itu berhala? Segala sesuatu yang kita sembah baik kita sadari maupun tidak yang menggantikan Tuhan dalam hidup kita yang membuat kita tidak mengasihi Tuhan. Penyembahan itu bukan hanya sikap tubuh tetapi sikap hati. Dalam 1 Yohanes 2:16 apakah Yesus dicobai untuk ketiga hal ini? Ya, dicobai di padang gurun. Batu menjadi roti melambangkan keinginan daging, dunia diberikan ke Tuhan kalau menyembah iblis melambangkan keinginan mata, dan menjatuhkan diri melambangkan keangkuhan hidup. Kalau Tuhan bisa menang, maka Ia juga mau kita juga begitu. Dalam 1 Yohanes 5:21 berkata waspadalah. Untuk membedakan Allah asli dan palsu adalah Allah asli pencipta manusia dan yang palsu diciptakan manusia, Allah asli mencari manusia tetapi yang palsu dicari manusia. Manusia sejati mirip Allah tetapi allah palsu mirip manusia. Bagaimana kita bisa memprioritaskan Tuhan? Mazmur 4 dan 5. Prioritaskanlah Tuhan maka semua hal yang kau lakukan akan memandang Tuhan.
-Worship changes the worshiper into the image of the one worshiped-

(Jack Hayford)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Laporan Pertanggungjawaban Acara Gathering Pengurus PMK FH Unpad Periode 2013/2014

Tetap Setia Meski Melewati Ujian

Ringkasan Khotbah November 2020