RESUME PERSEKUTUAN RABU 14 MARET 2018

RESUME PERSEKUTUAN RABU (PR) PMK FH UNPAD
Percaya Akan Janji Tuhan (Lukas 1:37)


Firman Tuhan yang diambil dari Kejadian 15:1-6 yakni kisah Abram dijanjikan Tuhan punya banyak anak disaat istrinya Sarai sudah mengalami monopause atau secara keilmuan sudah tidak dapat punya keturunan. Abram pun diperintahkan oleh Tuhan untuk keluar dari wilayahnya tanpa memberi tahu secara spesifik kemana Abram harus pergi, dan Abram pun melakukan perintah Allah itu tanpa ragu. Abram mengalami penglihatan dalam mimpinya yakni Tuhan berjanji akan memberkati dirinya dan memberkati keturunannya akan seperti banyaknya bintang di langit. Dalam perjalanan Abram, dia punya banyak masalah yang membuat dirinya merasa takut dan ragu, namun Tuhan selalu menguatkan Abram (Pasal 15). Perasaan takut yang dirasakan Abram tidak hanya sekali, namun berulang kali sepanjang diperjalanan, begitu juga dengan Tuhan yang selalu menguatkan Abram lagi dan lagi hingga Abram tiba sebagaimana yang dijanjikan oleh Tuhan dan genaplah janji Tuhan atas dirinya. Dari cerita singkat ini, dapat dilihat sikap Abram yang sangat percaya kepada Bapa di surga dan tak heran jika ia dijuluki Father of Faith, maka dari itu ada 3 (tiga) hal yang dapat kita pelajari dari kesetiaan Abram pada Tuhan, yaitu:
1.      Sabar dalam penantian Tuhan atas apa yang kita pergumulkan dan kita doakan kepada Tuhan serta tekun menunggu jawaban Tuhan
2.      Taat, ketika Tuhan menyuruh Abram meninggalkan wilayahnya dan Abram langsung mengikuti perintah Allah. Disamping kita sabar menantikan janji Tuhan, kita juga harus taat pada perintahNya. Kita kerjakan apa yang menjadi keharusan dan tugas bagi kita.
3.      Tahan uji

            Yang menjadi pertanyaan, Adakah janji yang lebih besar dari Kristus? Tentu jawabannya hanya janji Kristus saja (Roma 4:18-25). Kalau Tuhan meminta kita untuk menanti, maka sabarlah untuk menanti sampai waktu Tuhan dan percaya bahwa tiada yang mustahil bagi Tuhan (Lukas 1:37). Kristus adalah janji yang paling indah. Dia setia pada janjiNya, Dia Alfa dan Omega, dan Dia tidak pernah berubah dari dulu sampai sekarang.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Laporan Pertanggungjawaban Acara Gathering Pengurus PMK FH Unpad Periode 2013/2014

Tetap Setia Meski Melewati Ujian

Ringkasan Khotbah November 2020