Ringkasan Khotbah September 2020

 RINGKASAN KHOTBAH SEPTEMBER 2020

Shaloom.

Berikut adalah Ringkasan Khotbah Persekutuan Rabu di bulan September 2020

Kiranya dapat menjadi berkat bagi kita semua. Tuhan Yesus Memberkati.

·         09 September 2020

Oleh    : Ko Chandra

Tema   : Diberkati untuk Menjadi Berkat (Kejadian 12:1-9)

Khotbah Persekutuan Rabu PMK FH UNPAD pada hari Rabu, 9 September 2020, membahas tentang Janji Tuhan dan berkat-Nya yang dicurahkan atas kita. Beberapa poin yang bisa diambil dari khotbah yang disampaikan adalah:

-          Kisah Abram yang diperintahkan Tuhan untuk meninggalkan tempat tinggal dan sanak saudaranya untuk pergi ke suatu tempat yang telah dijanjikan Tuhan untuk menjadikan Abram menjadi bangsa yang besar.

-          Walaupun Abram merasa bingung, ia tetap melakukan perintah Tuhan yang kemudian menunjukkan betapa teguh imannya. Ia taat melalui proses perjalanan tersebut sehingga tibalah ia menjadi bangsa yang begitu besar, sesuai dengan janji Allah kepadanya.

-          Dalam kehidupan sehari-hari seringkali kita ingin mendapatkan berkat dan diberkati oleh Tuhan, namun kita tidak mau untuk melalui proses untuk menggapai berkat yang diberikan Tuhan.

-          Manusia hanya menginginkan hal terbaik secara instan, namun tidak ingin melewati proses yang diberikan Tuhan. Kita menutup hati atas perintah Tuhan kepada kita untuk taat, namun selalu mengeluhkan ketika kita merasa tidak mendapatkan hal yang kita inginkan.

-          Sulit bagi manusia untuk taat dan teguh berjalan dalam menggapai janji Tuhan, namun jika kita bersungguh-sungguh dan membangun iman yang kuat untuk dapat bertumbuh dan berproses di dalamnya,  maka janji Tuhan itu terpampang nyata atasnya.

-          Hanya orang yang tetap bersama dengan Tuhan, bahkan tetap berjalan di masa-masa kesusahannya lah yang memiliki iman yang taat dan percaya bahwa janji Tuhan akan tergenapi atasnya dan Tuhan mengkehendaki hidupnya selamanya.

Kesimpulan: Ketika kita ingin menikmati berkat yang diberikan Tuhan melalui janji yang telah digenapi-Nya, haruslah kita hidup dalam iman yang penuh ketaatan, percaya dan menyerahkan seluruhnya kepada Tuhan, sehingga kita pada akhirnya sampai kepada kepastian akan janji Tuhan bagi hidup kita yang akan penuh dengan berkat dari pada-Nya.

·         23 September 2020

Oleh    : Pak Indarto

Tema   : Kasih Sebagai Perintah Baru (Yohanes 13:31-35)

Khotbah Persekutuan Rabu PMK FH UNPAD pada hari Rabu, 23 September 2020, membahas tentang mengasihi untuk kemuliaan Allah dan sebagai perintah baru. Poin-poin yang dapat dipetik dari Firman Tuhan yang telah diberitakan yakni:

-          Orang Kristen memiliki banyak tanda untuk menunjukkan, bahwa ia adalah pengikut Kristus.

-          Adapula kita dapat terlihat sebagai pengikut Kristus dengan menyatakannya di depan banyak orang.

-          Namun seluruh tanda tersebut tidak jarang justru bertentangan dengan apa yang kita perbuat.

-          Apa yang kita lakukan tak jarang bukan mencerminkan Kristus itu sendiri

-          Tanda atau identitas sebenarnya yang menunjukkan orang Kristen adalah pengikut Kristus yang sejati adalah kasih.

Kasih merupakan identitas orang Kristen dalam berbuat. Sama seperti murid-murid Tuhan Yesus yang mengajarkan seluruh Firman Tuhan ke dunia dimana kita dituntut dan dijadikan sebagai orang yang saling mengasihi. Tidak ada gunanya sebuah tanda maupun simbol yang menunjukkan kita orang Kristen, namun melakukan pekerjaan kita saja tidak ada dengan kasih

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Laporan Pertanggungjawaban Acara Gathering Pengurus PMK FH Unpad Periode 2013/2014

Tetap Setia Meski Melewati Ujian

Ringkasan Khotbah November 2020